BMKG Pusat Tinjau Warning Receiver System (WRS) Di BPBD Kabupaten Nganjuk


 2020-09-03 |  pusdalops

Nganjuk – Kamis, 03 September 2020 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat melakukan kunjungan kerja ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk guna meninjau efektifitas alat monitor gempa bumi atau Warning Receiver System (WRS) dan memberikan pemahaman dalam penggunaan WRS New Generation kepada operator BPBD Kab. Nganjuk. Dalam kunjungannya BMKG pusat didampingi oleh BMKG Nganjuk.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nganjuk Soekonjono, dalam sambutannya mengatakan sangat berterimakasih sekali atas kunjungannya dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungannya ke BPBD Kabupaten Nganjuk.

Tatok Y selaku perwakilan dari BMKG pusat, mengatakan WRS New Generation peruntukannya secara umum sebagai display informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, apabila ada kejadian terbaru maka secara otomatis akan muncul pada layar dan mengeluarkan allert suara.

Tatok juga menerangkan apa saja yang menjadi tanggungjawab BPBD Kab. Nganjuk, antara lain yaitu menyediakan space indoor untuk perangkat WRS dan space outdoor untuk antena Ubiqu, menyediakan kebutuhan listrik untuk perangkat WRS (80-100 watt), memanfaatkan dan menjaga peralatan tersebut, menunjuk PIC (Person In Charge) yang bertanggung jawab terkait WRS, menyebarluaskan informasi gempa bumi dan tsunami kepada pemangku kepentingan dan masyarakat.