PENINJAUAN LAPANGAN DESA TANGGUH BENCANA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR


 2020-09-23 |  pusdalops

Tim Peninjau Lapangan Lomba Destana (Desa/Kelurahan Tangguh Bencana) hadir di Desa Blongko, kecamatan Ngetos,Nganjuk (22/9/2020).

Tim juri yang terdiri dari unsur BPBD Jatim, SRPB (Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana) Jatim, DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Dinas Sosial Provinsi Jatim, IABI (Ikatan Ahli Bencana Indonesia) Jatim ini dipimpin oleh Andhika NS – Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan Peninjauan Lapangan akan menilai 4 aspek yaitu;

1. Aspek Kesehatan 

2. Aspek Kesiapsiagaan 

3. Aspek Risiko Bencana 

4. Aspek Penganggaran 

Pada Setiap Aspek Tim akan meninjau kesesuaian dengan dokumen yang telah di kirimkan oleh FPRB Tunggul Manik. Dalam kegiatan pengurangan risiko bencana perlu disusun dokumen rencana aksi komunitas sebagai arah warga masyarakat dalam berkegiatan mengurangi risiko bencana.Dalam kegiatan pengurangan risiko bencana perlu disusun dokumen - dokumen destana  sebagai arah warga masyarakat dalam berkegiatan mengurangi risiko bencana.

desa blongko memiliki  4 kejadian bencana yaitu :

  • tanah longsor
  • angin kencang
  • kebakaran hutan dan lahan
  • wabah tanaman

Kejadian bencana yang ada di wilayah  desa Blongko. didominasi oleh bencana Tanah Longsor,  hampir setiap tahun wilayah desa Blongko  terjadi tanah longsor.  Dalam sekali musim bahkan terjadi lebih dari 2 sampai dengan 4 kali longsor.

Beberapa kejadian bencana yang dapat diingat dan tercatat oleh masyarakat  sebagai berikut :

  1. kejadian wabah penyakit / tanaman tahun 20-14 yang mengakibatkan gagal panen
  2. kejadian tanah longsor tahun 2015 memgakibatkan akses terhambat.

sehingga dengan kegiatan lomba destana tingkat provinsi jawa timur ini diharapkan menambah semangat warga dalam kegiatan pengurangan resiko bencana di wilayahnya.(ecs)