Mari Berpartisipasi Dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 APRIL 2022


 2022-04-26 |  pusdalops

Kesiapsiagaan bencana perlu dibangun dari awal sejak dini dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga. Kesiapan masyarakat menghadapi ancaman menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima. Tema utama HKB 2022 adalah “Siap Untuk Selamat” dengan sub tema tahun ini “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana”. HKB 2022 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan bencana seluruh lapisan masyarakat di masa pandemi Covid- 19 menuju Keluarga Tangguh Bencana. Dalam kegiatan sosialisasi dan latihan evakuasi mandiri yang akan dilaksanakan selama HKB 2022 diharapkan dapat mengedukasi seluruh lapisan masyarakat sehingga dapat meningkatkan ketangguhan keluarga serta berkontribusi dalam pencegahan Covid 19 di Indonesia dengan tetap memperhatikan aspek potensi ancaman bencana lainnya.

Waktu pelaksanaan kegiatan HKB berlangsung sekitar satu bulan, dengan kick off tanggal 28 Maret 2022 dan puncak peringatan kegiatan HKB tingkat nasional dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022 di Kabupaten Klaten. Kegiatan dilakukan dengan upaya peningkatan kapasitas kesiapsiagaan yang melibatkan secara langsung seluruh pihak terkait, dengan dilakukan latihan evakuasi mandiri.  Kegiatan HKB 2022 dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, semua stakeholders penanggulangan bencana dapat berpartisipasi secara aktif dengan melakukan simulasi evakuasi bencana dengan cara membunyikan sirine, alarm, kenthongan, lonceng pada hari Selasa 26 April 2022 pukul 10:00 WIB secara serentak.

Sekretariat HKB 2022 menyiapkan berbagai bentuk alat peraga kampanye sebagai bentuk promosi dan publikasi kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022. Silahkan unduh melalui link berikut https://linktr.ee/harikesiapsiagaanbencana.