Rapat Forum Perangkat Daerah (FPD) Bahas Rencana Kerja 2025 BPBD Kabupaten Nganjuk


 2024-02-29 |  pusdalops

Pada hari Rabu, 28 Februari 2024, di Ruang Rapat Roro Kuning, berlangsung Rapat Forum Perangkat Daerah (FPD) yang membahas Rancangan Rencana Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nganjuk untuk tahun 2025. Rapat dihadiri oleh para perwakilan dari berbagai instansi terkait, seperti :

  1. Staff Ahli Politik, Hukum dan Pemerintahan
  2. Polres Kab. Nganjuk
  3. Kodim Kab. Nganjuk
  4. Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Nganjuk
  5. PDAM
  6. BAPPEDA
  7. Perhutani
  8. Dinas Sosial
  9. Dinkes
  10. Dinas PUPR
  11. Destana
  12. Tagana
  13. FPBI
  14. PMI
  15. BMKG
  16. DPRKPP
  17. PLN
  18. Dinas Perhubungan
  19. Dinas Lingkungan Hidup
  20. Diskominfo

Kegiatan tersebut menjadi momen penting dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang akan dilaksanakan oleh BPBD pada tahun 2025.  Selain pembahasan mengenai Rancangan Rencana Kerja, BPBD juga menyampaikan komitmen mereka dalam memberikan dukungan kepada masyarakat yang berpotensi terdampak bencana. Sebagai bukti nyata dari komitmen tersebut, BPBD memberikan bantuan berupa peralatan perlindungan diri yang diperlukan untuk menghadapi cuaca ekstrem kepada Desa Tangguh Bencana (Destana) di beberapa wilayah, antara lain Destana Macanan, Duren, Sanan, dan Sidorejo. Bantuan tersebut berupa helm, sepatu boot, dan jas hujan, yang diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan perlindungan masyarakat setempat dalam menghadapi potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau cuaca ekstrem.

Rapat ini diakhiri dengan kesepakatan untuk terus mengawal dan mendukung implementasi Rencana Kerja BPBD Tahun 2025 yang menekankan pada pentingnya perencanaan, kolaborasi lintas instansi, peningkatan kapasitas, investasi infrastruktur, serta tindakan preventif yang menjadi fokus utama untuk meminimalkan risiko dan dampak bencana di masa depan.Inc