Peringati HUT HIPGABI Ke XIV , BPBD Mengadakan Kegiatan Pelatihan Basic Life Support (BLS)


 2023-07-03 |  pusdalops

Nganjuk (1/7/23)- Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) Provinsi Jatim melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pelatihan Basic Life Support (BLS) Dalam  Rangka Memperingati HUT Hipgabi Jatim XIV” di balai desa Bareng, Kecamatan Sawahan, acara ini diikuti oleh beberapa peserta, seperti masyarakat anggota Destana, Brigade Penolong dari Pramuka, PMR,  STIKES Kabupaten Nganjuk dan beberapa akademisi kesehatan lainnya, serta juga anggota BPBD Kabupaten Nganjuk.

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh HIPGABI dan BPBD Kabupaten Nganjuk ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah untuk menciptakan dan mewujudkan safe community, pengenalan penanggulangan korban gawat darurat, meningkatkan kemampuan individu dalam melakukan bantuan hidup dasar, triage dan pembebatan serta pembidaian, terlaksananya Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) serta mengurangi angka kematian dan kecacatan.

 

BPBD Kabupaten Nganjuk yang diwakili oleh Kepala Seksi Kesiapsiagaan Erwin Naharuddin, ST menerangkan bahwa Pelatihan Basic Life Support (BLS) memiliki beberapa manfaat yang relevan bagi masyarakat di desa rawan, BPBD menyambut baik dan mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya salah satu pelaksanaan SPM yaitu Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan terhadap bencana.

 

BPBD memfasilitasi peningkatan kapasitas mereka dalam merespons dan memberikan pertolongan di tengah situasi darurat. Hal ini akan membantu meningkatkan keselamatan pada saat golden time khususnya pra hospital serta memperkuat peran BPBD sebagai kepanjangan tangan pemerintah untuk memberi perlindungan kepada masyarakat  dalam penanggulangan bencana.”pungkas Erwin. Inc