Penanaman Bersama untuk Mewujudkan Kehidupan Hijau: Desa Kebonagung, Nganjuk


 2024-01-29 |  pusdalops

Nganjuk, 29 Januari 2024 – Langkah konkret untuk mendukung kelestarian lingkungan kembali diwujudkan di Desa Kebonagung, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.  Diinisiasi oleh Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turut serta dalam kegiatan penanaman bersama yang bertujuan untuk rehabilitasi kawasan hutan yang telah terdegradasi. Selain BPBD unsur Pemerintah lainnya juga turut serta, seperti Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Sawahan, Polsek Sawahan, Koramil Sawahan, Cabang Dinas Kehutanan, dan Perangkat Desa Kebonagung. Sedangkan unsur Swasta dan masyarakat kali ini diwakili oleh CV. Lestari Agro Jaya Nusantara dan KTH Ndalem Sari. Hal ini menunjukan kolaborasi yang sangat baik dari ketiga unsur tersebut dalam penanggulangan bencana.

 

Dalam kegiatan penanaman pohon bersama ini, tanaman yang ditanam adalah tanaman MPTS (Multi-Purpose Tree Species ), tanaman MPTS adalah tanaman kayu-kayuan yang memiliki banyak kegunaan (multiguna) dari sisi ekologi maupun dari sisi ekonomi, karena menghasilkan komoditas kayu dan nonkayu, sehingga petani penggarap bisa memanfaatkan komoditas nonkayu tanpa menebang batang pohon.

 

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang penanaman pohon semata, tetapi juga simbol dari kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem alam. Sebagai lembaga yang bertugas dalam penanggulangan bencana, rehabilitasi kawasan hutan sangat penting dalam konteks penanggulangan bencana dan mitigasi risiko, karena hutan memiliki peran yang krusial dalam menjaga keseimbangan ekologis dan mengurangi risiko bencana alam.

 

“Berkomitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan, kami dari BPBD Kabupaten Nganjuk sangat bangga dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini. Kegiatan penanaman bersama ini bukan hanya sekadar menanam pohon, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap alam kepada masyarakat," ujar Suharono, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nganjuk.”

 

Melalui kegiatan penanaman bersama ini, Desa Kebonagung berharap dapat menjadi contoh bagi daerah lain tentang pentingnya menjaga lingkungan dan menjalin kerjasama lintas sektor dalam upaya pelestarian alam. Langkah kecil ini merupakan awal dari perjalanan panjang menuju kehidupan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi kita semua. Inc